Apa Itu Lari Virtual Challenge

Apakah anda pernah mendengar lari virtual challenge? Ini adalah acara yang diadakan dalam rangka menyemarakkan Hari Aktivitas Sedunia di 2020. Run Virtual Challenge ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan. Tujuannya agar anda tetap bisa melakukan aktivitas olahraga, baik dengan virtual run maupun virtual workout.

Pengertian Lari Virtual Challenge

Virtual run atau lari virtual merupakan sebuah kegiatan berlari atau jogging yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai yang anda inginkan. Anda bisa berlari di jalanan, trail track, jogging track, atau ketika race event.

running, moscow, the kremlin
running in the city

Anda bisa mengatur waktu kecepatan dan rute sesuai kemampuan anda sendiri. Virtual run ini bisa dilakukan dengan berlari sendiri, bersama dengan keluarga atau dengan komunitas lari anda. Kemudian anda bisa melakukan update kegiatan berlari anda di account yang sudah tersedia.

Kegiatan lari virtual challenge ini adalah kegiatan yang dapat dilakukan secara mandiri. Cukup menggunakan bantuan gadget berupa smartwatch atau ponsel. Peserta virtual run bisa berlari sesuai standart kesehatan untuk meraih target 50 km dalam waktu 30 hari.

Step-Step Mengikuti Virtual Run Challenge

Seperti informasi yang dikutip dari virtualrun.kemkes.go.id, ada empat tahapan yang bisa dilakukan jika anda ingin mengikuti acara virtual run ini. Tahapan yang pertama anda bisa mendaftarkan diri melalui website virtualrun.kemenkes.go.id. Peserta harus mendaftar dengan identitas asli sesuai dengan KTP yang dimiliki.

Selanjutnya, anda bisa mengupload E Flyer yang didapat ketika pendaftaran ke media social anda. Upload ke Instagram dan mention keempat Instagram official yang sudah di-follow. Jangan lupa pula sertakan #aktifinaja, #kemenkes, #germas, dan #abdievent. Anda harus pastikan bahwa Instagram yang dipakai untuk mendaftar tidak dengan mode privasi selama acara berlangsung sebab hal ini bisa memudahkan panitia melakukan verifikasi.

Lalu upload hasil lari berupa gambar dari aplikasi running berbasis GPS dan silahkan anda menunggu pengumuman pemenang di akhir acara. Karena kegiatan tersebut mempunyai penilaian pribadi, maka tidak diperbolehkan diwakilkan atau digantikan siapapun.

Pelaksanaan Virtual Run Challenge

Karena target yang ingin dicapai di dalam acara lari virtual challenge ini sampai sejauh 50 km. Oleh sebab itu, pihak panitia telah menghimbau pelaksanaan lari berantai harus dilakukan secara dicicil.

Lari berantai bisa dicicil maksimal seminggu mencapai target sejauh 15 km. Tetapi jika lebih, maka selisihnya tidak akan dihitung dan sudah tercatat di dalam aplikasi lari dengan tracker GPS atau pelacak lokasi yang ada di gadget.

Bukan hanya kegiatan lari saja yang dipantau dengan aplikasi. Tetapi selama acara ini berlangsung, peserta juga akan diberi edukasi kesehatan lewat E-flyer yang ada di sosial media dan juga web.

Untuk para aktivis kebugaran, maka tak perlu khawatir dan mencemaskan biaya pendaftaran. Sebab acara yang hanya menampung 2000 pendaftar ini gratis dan bisa diikuti siapapun. Disamping itu, ketika registrasi para peserta bisa mendapatkan E-Certificate, E-Bib, dan gratis jersey serta medali untuk 500 finisher terbaik.

Tetapi satu hal yang harus digarisbawahi, karena acara ini dilakukan secara online, maka para pelari dituntut untuk selalu jujur.

Kementerian kesehatan juga telah menghimbau penggiat olahraga yang ikut meramaikan acara ini supaya melakukan tahapan pendaftaran secara berurutan dan tidak melewati satu tahapan sekalipun. Semua harus dilengkapi saat anda melakukan registrasi.

Sebab bila terlewat salah satu, maka hal tersebut akan membuat anda dianggap gugur. Dengan begitu, anda tidak bisa mengikuti lari virtual challenge ini dengan sempurna.